Pages

Selasa, 04 Desember 2012

Manfaat Dari Olahraga


Meningkatkan daya tahan tubuh

Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh dimana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan fungsi otak

Teratur dalam berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan berolahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak.

Mengurangi stress

Dengan olahraga dapat membantu untuk mengatasi emosinya dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres yang ada. Penelitian yang dilaporkan dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan.

Dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olahraga. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga mungkin bisa menjadi pengobatan yang layak untuk kecemasan dan stres.

Teorinya, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar